Assalamualaikum temEnd-tEmenD... mET dateng di bl0g aQ yua.. jangan lUpa tinggalin koment amu....^^

Tata Surya



Kali ini penulis akan membahas sekelumit tentang tata surya.
Apa sih yang dimaksud dengan tata surya?
.

Tata surya atau yang disebut sollar system merupakan sebuah sistem yang terdiri dari sebuah bintang yang disebut matahari serta benda-benda langit yang mengelilinginya akibat gaya gravitasi matahari.
Benda-benda langit tersebut termasuk 8 buah planet yang sudah dketahui dengan orbit yang berbentuk elips, 5 planet kerdil, 173 satelit alami yang telah diidentifikasi dan jutaan benda langit ( komet, meteor,asteroid) lainnya.
Tata surya terletak di tepi galaksi Bima Sakti dengan jarak sekitar 260.000 triliun km dari pusat galaksi ( 28.000 tahun cahaya). Tata surya mengelilingi pusat galaksi dengan kecepatan 220 km/s, dengan masa 1 kali revolusi sekitar 225-250 juta tahun. Dengan umur tata surya sekitar 4,6 milyar tahun, berarti tata surya kita telah mengelilingi pusat galaksi sebanyak 20-25 kali semenjak tata surya terbentuk.


Komponen-Komponen Tata Surya

1. Matahari
Matahari merupakan benda langit yang berbentuk bola raksasa yang bercahaya dan menghasilkan energi. Matahari merupakan pusat tata surya dan memiliki gaya gravitasi yang sangat besar, sehingga benda-benda langit yang ada pada tata surya bergerak mengelilinginya dengan garis edar yang tetap.

2. Planet
Planet adalah benda langit tidak bercahaya yang mempunyai massa cukup besar dan mengedari sebua bintang yaitu matahari dan memiliki orbit yang tetap. Adapun planet kerdil adalah benda langit bukan satelit yang mengelilingi matahari dan memiliki massa yang cukup tetap orbit tidak tetap.

Kedelapan planet ini adalah:
a. Merkurius (57,9 juta km)
b. Venus (108 juta km)
c. Bumi (150 juta km)
d. Mars (228 juta km)
e. Yupiter (779 juta km)
f. Saturnus (1430 juta km)
g. Uranus (2880 juta km)
h. Neptunus (4500 juta km)

Adapun kelima planet kerdil adalah:
a. Ceres (415 juta km)
b. Pluto (5906 juta km)
c. Haumea (6450 juta km)
d. Makemake (6850 juta km)
e. Eris (10.100 juta km)

3. Komet
Komet adalah bagian dari tata surya yang terdiri dari pecahan benda angkasa, es dan gas yang membenku dan mengorbit matahari dengan lintasan berbentuk elips. Struktur komet meliputi kepala dan ekor. Karena itu, komet seringkali disebut sebagai bintang berekor.

4. Asteroid
Asteroid atau planetoid adalah benda-benda langit yang berukuran kecil tidak beraturan bentuk yang bergerak mengelilingi matahari dan sebagian besar ditemui diantara orbit Mars dan Yupiter.

5. Meteor
Meteor merupakan benda langit berupa pecahan batuan yang jatuh dan masuk ke dalam atmosfer bumi. Meteorid merupakan meteor yang tidak habis terbakar di atmosfer dan sampai ke permukaan bumi.

6. Satelit
Satelit merupakan benda langit yang bisa memantulkan cahaya yang diserap dari matahari dan bergerak mengorbit pada planet. Contohnya adalah bulan yang bergerak mengelilingi bumi.

0 k0mentar: