Assalamualaikum temEnd-tEmenD... mET dateng di bl0g aQ yua.. jangan lUpa tinggalin koment amu....^^

Mengenal ilmu astronomi

Bersantai sejenak, dan teringat masa lalu....
Astronomi...
Mengapa baru sekarang ya saya terpikir untuk membahasnya?
Ah,tak apa. Lebih baik teringat sekarang dari pada tidak sama sekali. Benarkan.?

Well, mungkin pembahasan mengenai definisi tentang astronomi kali ini "sedikit" berantakan dan susah untuk dimengerti dan tentunya teman-teman harap maklum karena saya saat ini mengalami kekurangan bahan bacaan mengenai astronomi sehingga mau tidak mau ya browsing dari berbagai sumber via internet. Saya baru menyadari hal ini ketika mencari buku buku yang berkaitan ini, baru teringat bahwa referensi-referensi telah berpindah tangan pada adik-adik kelas yang kemudian mengikuti olimpiade astronomi (kebodohan saya adalah tidak menanyakan kembali dan tidak mengkopinya., weleh...)


Next.
Apa sih sebenarnya astronomi itu..?
Eits.. Jangan salah persepsi dengan istilah yang bernama astrologi ya yang mengasumsikan bahwa takdir manusia dapat dikaitkan dengan letak benda-benda astronomi...
Memang benar, astronomi adalah ilmu perbintangan yang mempelajari benda-benda asing yang ada di langit. Namun, astronomi merupakan disiplin ilmu yang dapat dianalisis dan dibuktikan dengan metode ilmiah, sedangkan astrologi tidak demikian.



Astronomi yang secara etimologi berarti ilmu bintang merupakan cabang ilmu tertua yang mempelajari fenomena langit serta melibatkan pengamatan dan penjelasan kejadian yang terjadi di luar bumi. Ilmu ini juga mempelajari asal usul, evolusi, sifat fisik dan kimiawi benda-benda yang dapat dilihat di langit dan prosesnya. Astronomi merupakan salah satu diantara ilmu pengetahuan yang masih mengandalkan penemuan dan pengamatan fenomena sementara dan telah menyumbangkan inspirasi pada perkembangan kemanusiaan dari generasi ke generasi.
Jagad raya beserta segenap isinya menyimpan berjuta misteri yang selalu menarik perhatian manusia dari zaman ke zaman. Astronomi sebagai ilmu yang lahir dari usaha manusia untuk menyingkap rahasia alam semesta yang telah berusia hampir sepanjang peradapan manusia. Oleh karena itu,tidak mengherankan jika ilmu ini dianggap sebagai ilmu tertua yang di kenal oleh umat manusia.
(definisi di atas saya ambil dari berbagai sumber)
Yupz astronomi mempelajari tentang luar angkasa yang tentunya amat luas, jauh, dan teramat sulit untuk digapai namun teramat menarik untuk dipelajari.

Wah, dari tadi astronomi terus yang dibahas.
0ke,saya akan memberikan salah satu contoh pengaplikasian ilmu astronomi agar lebih menarik untuk dipelajari.
Bayangkan ketika teman-teman sedang berada di malam hari yang cerah dan dipenuhi oleh cahaya bintang. Berupa titik-titik yang terlihat sepele dari bumi. Padahal sebenarnya bintang itu merupakan bola besar dengan energi panas yang maha besar pula seperti halnya matahari, bintang terdekat bumi. Cahaya yang terlihat kerlap kerlip tersebut berasal dari bintang yang teramat jauh,yang mencapai bumi dengan rentang waktu yang cukup lama. Kecepatan cahaya adalah 300.000 km/s. Oleh karena itu,cahaya bintang yang sangat jauh bisa mencapai waktu bertahun tahun untuk sampai ke bumi. Sebagai perbandingan, panas matahari yang kita rasakan ini berasal dari benda langit dengan jarak 149.600.000 km. Waw... Bisa dibayangkan kan berapa jauh jarak bintang yang kita lihat di malam hari..
Subhanallah..

Gimana? Udah tertarik belum sama astronomi?

Hm... Dari penjelasan di atas, udah tahu khan apa itu astronomi.. Dan memang,belajar astronomi itu sangat menarik ( itu yang saya rasakan dahulu ).
Pembahasan tentang ilmu yang bernama astronomi cukup luas, oleh karena itu di lain kesempatan (kalo' sempat) insyaAllah,saya akan mencoba untuk mengulas kembali tentang seluk beluk astronomi lebih lanjut.
Semoga bermanfaat ^^.

>>dari berbagai sumber.

2 k0mentar:

RINA

Hai... salam kenal, aku suka dengan tema blog kamu yaitu astronomi, kalo boleh tukar link, makasih.

Nanie Granger

yupz, lam knal jg,,,,
thnx wt kunjungannya ea..