Assalamualaikum temEnd-tEmenD... mET dateng di bl0g aQ yua.. jangan lUpa tinggalin koment amu....^^

Belajar Blogging yuukkk…!!!

Alhamdulillah punya semangat lagi utak atik blog ini…. ^_^
Mungkin anda pun bertanya-tanya atau malah saya yang bertanya, mengapa baru kali ini saya mengulas tentang pembuatan blog atau istilah kerennya Tutorial Blog lah…. Hehehe

Kenapa yah….?
Hmm, begini ceritanya, kemarin seorang pengurus majalah kampus meminta tolong saya untuk membantu teman-teman dalam pembuatan blog, karena kata mereka cukup awam dalam hal tulis-menulis di media per-bloging-an (weh, istilah baru nih… wkwkwkw).
Alhasil, ya sudahlah, sekalian posting aja deh, biar insyaAllah berguna untuk semuanya…^^

Ok, kita mulai ya, dari pengertian blog itu sendiri deh.

Apa itu blog?

Blog adalah salah satu aplikasi web berupa tulisan-tulisan yang umum disebut sebagai posting pada halaman web. Tulisan-tulisan itu diurut dari yang terbaru dan diikuti oleh tulisan yang lama.
Awalnya, blog hanya berupa tulisan atau catatan pribadi yang disimpan secara online oleh sebagian orang. Namun kini, isi dari blog sangat bervariatif, ada yang berisi tutorial, curhat, bisnis, pendidikan, dan lain-lain.
Flatform blog atau yang biasa disebut juga dengan mesin blog dibuat oleh para designer blog agar mudah digunakan.


Cara membuat blog di blogspot

Salah satu penyedia layanan blog gratis saat ini yang mudah ditemukan dan digunakan adalah blogspot atau blogger melalui situs blogger.com.
Banyak juga penyedia layanan sejenis, hanya saja banyak kelebihan yang dimiliki oleh blogger dibanding situs sejenis, yakni mudah dalam pengoprasian sehingga cocok bagi pemula. Template yang mudah diganti-ganti juga menjadi daya tarik untuk membuat blog pada situs lain.

Berikut adalah cara pembuatan blog pada blogspot:

membuat e-mail 
salah satu syarat yang harus dipenuhi untuk pembuatan blog adalah memiliki email yang masih aktif atau digunakan. Jika anda belum memiliki alamat email, maka daftarlah terlebih dahulu di gmail.com karena blogger adalah salah satu layanan dari Google, maka sebaiknya anda membuatnya di situs tersebut.

daftar blog di blogger 
b. setelah halaman pendaftaran dibuka, ubahlah bahasanya menjadi bahasa Indonesia agar mudah dipahami. Langsung log in dengan akun email dari gmail anda. 
c. Klik tombol bertuliskan CIPTAKAN BLOG ANDA. 
d. Isi judul blog dan alamat blog sesuai yang diinginkan, lalu lik LANJUTKAN 
e. Pilih template yang diinginkan, lalu lik LANJUTKAN 
f. Akan ada tulisan blog anda sudah jadi!. Lanjutkan dengan MULAI BLOGGING.
g. Setelah masuk post editor, mulailah membuat tulisan atau posting apa saja. Contoh: Selaman Datang di Blog Saya. Klik tombol pratinjau untuk melihat tampilan yang akan muncul di blog. Klik TERBITKAN ENTRI jika tulisan tersebut ingin dipublikasikan ke publik.
h. Klik Lihat Entri untuk melihat blog anda.
i. Selesai.

Untuk tahap awal, blog anda sudah jadi dan bisa diakses dimana saja. Gampang kan??
Untuk selanjutnya, anda bisa mengkreasikan blog anda dengan menarik.

Selamat blogging….!!! :)

0 k0mentar: